11/10/2020

1.1 Kenyataan Tak Seindah Harapan

 

vemale.com

Hello

Aku percaya bahwa setiap orang pasti memiliki impiannya masing-masing. Impian untuk menjadi dokter, impian menikah di Disneyland, impian bekerja di NASA, dsb. Namun, pernahkah kalian bermimpi atau bercita-cita menjadi seorang operator produksi? Aku tebak, sepertinya tidak ada satu orang pun yang memiliki cita-cita menjadi operator produksi. Operator produksi yang biasanya bekerja di pabrik, yang di mata orang banyak adalah pekerjaan kasar, pekerjaan yang tidak membutuhkan skill khusus, bekerja di ruangan panas, bekerja sambil berdiri, harus kejar target, kerja dengan shift sampai pagi, dll. Intinya, pekerjaan yang menjadi alternatif paling akhir bagi sebagian orang untuk mencari uang. Sejujurnya, dengan kerendahan hati aku, ketika aku baru saja lulus SMK, lalu memutuskan untuk kuliah sambil bekerja, hal pertama yang ada dalam pikiranku adalah aku mau kerja di belakang komputer. Terlalu tinggi? Tidak kok, banyak orang yang seperti itu. Kenapa aku berani bilang seperti itu, karena aku rasa aku memiliki skill. Yup, skill, kemampuan. Tapi apakah dengan hanya kemampuan yang aku miliki lalu akan akan dengan mudah mendapatkan pekerjaan sesuai dengan kemauanku? Jawabannya tentu saja tidak. Banyak sekali faktor yang harus kita miliki selain skill, untuk mendapatkan apa yang kita inginkan, di antaranya usaha, kerja keras, berdoa, tawakal, dan tidak ketinggalan orang dalam hehehe.


Setelah lulus sekolah, dengan background pendidikan aku yang berhubungan dengan komputer, ditambah aku lulus dari sekolah favorit, aku sempat memiliki ekspektasi yang sangat tinggi ketika itu. Dengan rasa percaya diri, setelah berdiskusi dengan orang tua, aku memutuskan untuk langsung daftar kuliah kelas karyawan, agar tidak ada gap, serta dapat lulus dengan lebih cepat, dengan rencana setelahnya yaitu mencari pekerjaan, mendapatkan pekerjaan, lalu kuliah dengan biaya sendiri hingga lulus.


Nyatanya? Kenyataan tak seindah harapan. Setelah aku mulai masuk kuliah di semester pertama, aku belum juga mendapatkan pekerjaan. Apakah aku menyerah? Oh tentu saja tidak. Aku adalah orang yang tidak mau merusak segala rencana yang telah dipikirkan matang-matang sejak awal. Aku mulai masuk kuliah di bulan Agustus/September 2014. Dan perkerjaan pertama aku dapatkan di tahun 2015, bulan Februari. Kalian tau apa pekerjaan pertama yang aku dapat ketika itu? Tepat sekali. Operator Produksi di pabrik.


Next post…


 


No comments:

Post a Comment