11/20/2021

Evakuasi Kucing Oyen Barbar | Stuck di antara Tembok

 

Dokumentasi Pribadi

Selama ini, gue cuma suka baca cerita atau nonton video orang-orang yang mengevakuasi stray cats ataupun kucing pribadinya yang kejepit di tembok, atau kecemplung sumur, atau bahkan naik pohon tapi gabisa turun. Tapi siang tadi, gue ngalamin sendiri. Diawali dengan suara eongan kucing yang gue pikir kucing lagi main-main aja, karena memang biasanya suka begitu. Tanpa pikir panjang, gue abaikan dan gue pergi nemenin ibu gue jaga warung. Sampai di warung, ga lama kemudian tante gue chat di WA kalau ada kucing kejepit di antara tembok belakang gue dan kontrakan di belakang rumah gue. FYI, karena gue tinggal di kampung yang padat penduduk, tembok bagian belakang rumah gue itu dempetan banget sama tembok samping kontrakan belakang, jadi cuma menyisakan gap kurang lebih 10-15 cm. Karena gue penyayang kucing, gak heran kalau tante gue chat gue buat ngabarin dan minta gue untuk ikut nolongin, yang pada saat itu om gue juga lagi bantu nolong si kucing (yang ternyata adalah kucing Oyen) ini buat bisa keluar. Sayangnya segala cara dilakuin om gue dari mulai pakai tali supaya harapannya kucing itu keangkat dengan tali, sampai pakai pipa panjang buat ngedorong kucing  Oyen dari belakang supaya maju. Tapi hasilnya nihil, karena si kucing Oyen betul-betul stuck. Badannya gabisa maju mundur sama sekali.


Gue yang gabisa ninggalin ibu gue cuma bisa harap-harap cemas dari warung. Sempat kepikiran untuk menghubungi pemadam kebakaran, tapi gue mikirin resikonya segala macam. Pasti ujung-ujungnya petugas damkarpun menyarankan untuk bobol tembok karena memang itu satu-satunya cara supaya kucing bisa keluar. Masalahnya adalah sudah diakalin dari depan, belakang, dan atas bener-bener gabisa menyeret si Oyen untuk keluar.





Sekitar jam 2 siang gue pulang ke rumah, dan langsung ke TKP. Dua om gue lagi bingung cari cara lain supaya Oyen bisa keluar tanpa harus bobol tembok. Tapi gue pikir gabakal ada cari lain, sih. Setelah dicek lokasi Oyen, ternyata si Oyen tepat ada di belakang dapur gue. Mau ga mau dinding dapur harus segera dibobol. Setelah minta ijin bapak, dengan syarat tembok harus ditutup lagi, akhirnya dimulailah proses evakuasi.


Om gue mulai bobol tembok dapur gue pakai palu pelan-pelan. Disamping takut kucingnya kena puing-puing juga takutnya tembok dapur gue ambrol semua. Hahaha. Pelan-pelan tembok gue dibobol, si Oyen makin keras mengeong, karena dia merasa kalau temboknya dipukul-pukul palu. Ketika gue pantau keadaan si Oyen, dia tampak makin lemas dan ingus mengucur dari hidungnya, tapi dia gabisa ngelap karena badannya stuck, huhuhu.


Sedikit demi sedikit akhirnya tembok gue bolong, dan sekiranya cukup buat narik Oyen keluar. Akhirnya, si Oyen pun menampakkan kepalanya di lubang itu. Awalnya om gue bantu tarik badannya si Oyen, karena posisi Oyen ada di  bawah satu batako yang di bobol. Setelah mulai ada nafas dan ruang gerak, si Oyen bergerak sendiri cari cara buat bisa keluar. Dan finally si Oyen berhasil keluar yeyyyy.


Dokumentasi Pribadi


Kucing Oyen ini sebetulnya bukan kucing daerah lingkungan rumah gue. Karena tidak seperti kucing lingkungan sini yang setiap hari mondar-mandir, si kucing Oyen ini ga pernah keliatan di sini. Badannya besar, gemuk. Pantas aja gabisa keluar sendiri huhuhu. Lagian ga habis pikir sama oyen,  deh, kenapa bisa-bisanya nyempil di antara 2 tembok sempit gitu. Yah, namanya juga Oyen.


Setelah keluar, si Oyen nampaknya sesak nafas. Nafasnya berat ditambah ingusnya banyak keluar karena Oyen lumayan lama kejepit di situ, kurang lebih 3 jam dia stuck. Badannya kotor kena puing-puing tembok yang tadi bekas dibobol, dan sisanya aman, tidak ada luka-luka di badan si Oyen. Lucunya, setelah dibersihkan badannya, si Oyen ndusel-ndusel ke badan gue, padahal kita gak kenal. Gue anggap itu sebagai ucapan terima kasih si Oyen hehehe. Setelah itu, si Oyen kabur, pulang ke lingkungan asalnya yang kita gatau di mana. Yen, Yen, semoga gak kejepit lagi, ya.


Eitsss, belum selesai sampai situ. Masih ada tembok gue yang bolong, nih. Jadinya, langsung saat itu juga gue nyari semen dan pasir serta batako buat nambal dinding yang bolong. Alhamdulillah semen dikasih sama saudara gue yang kebetulan punya sisa bekas, pasirnya masih ada sisaan bekas bapak gue yang ntah buat nambal apa gue lupa, dan batakonya gue dapat dari puing-puing lingkungan rumah gue situ aja, karena memang suka ada batako ga kepakai. Setelah bikin adonan dari pasir dan semen, tembok gue ditambal lagi oleh om gue. Dan akhirnya, sekitar jam setengah 6 sore semuanya selesai.


Begitulah evakuasi kucing kejepit tembok yang lumayan makan tenaga. Respect buat om-om gue yang sudah berupaya dan berhasil evakuasi si kucing Oyen. Respect juga buat bapak gue yang ngijinin temboknya dibobol. Alhamdulillah sekarang udah kembali seperti semula. Gak lupa juga respect buat ibu gue yang jadi gabisa tidur siang gara-gara Oyen ini. 


Buat yang punya problem yang sama, mau nolongin hewan yang nyangkut atau nyemplung, tapi kalian gabisa karena sendiri, jangan pernah ragu buat hubungiin petugas damkar, ya. Gue yakin mereka cepat bergerak dan akan bersedia membantu. Meskipun gue gajadi panggil damkar karena ada om-om gue yang evakuasi. Tapi kalau kalian sendirian, hubungi saja damkar terdekat dari lokasi kejadian.  


Begitulah cerita hari ini. Menegangkan, melelahkan, tapi lucu juga, ga habis pikir sama si Oyen ini. Si Oyen barbar. Buat yang sudah baca, gue ucapkan terima kasih, ya. Memang tulisan kali ini agak random. I just wanna share you this kinda cute story. hihi. Sehat selalu, bahagia selalu. Cheers^^


2 comments:

  1. Untung bisa keluar dengan selamat ya si oyen nya.
    Walaupun ampe harus bobol tembok dapur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iyanih Alhamdulillah bisa keluar si Oyen barbar.

      Delete