3/17/2020

Dua Wahana Baru PP-IPTEK

Gedung PP-IPTEK TMII (6/5) (foto by Cita)


Jakarta, 6 Mei 2018 - Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi atau PP-IPTEK yang berlokasi di Komplek Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur memiliki dua wahana baru yaitu Self Blancing Wheels dan Stereo Visual. 


Peluncuran dua wahana baru ini bertepatan dengan hari jadi PP-IPTEK yang ke-27 dan diluncurkan dalam acara Indonesia Science Day (ISD) yang telah berlangsung pada tanggal 20 sampai 22 April 2018. 


“Dua wahana baru ini diresmikan langsung oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Bapak Muhamamad Nasir. Sekarang wahana Self Balancing ada di lantai dasar, kalo Stereo Visualnya di lantai dua,” ujar agnes salah seorang pemandu di PP Iptek. 


Wahana Stereo Visual bertema pada penglihatan stereo manusia yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada pengunjung tentang teknolofi visual. Wahana ini terdiri atas 24 peragaan.



“Peragaan favorit di wahana ini sih karena Studio SD Misconception-nya belum nyala ya paling ini sih. Kacamata 3D. Gambar ikannya awalnya 2D biasa. Cuman pas pake kacamata jadi kayak liat asli. Spele sih ya. Tapi ya suka aja gitu,” tutur Agung salah seorang pengunjung wahana stereo visual.


Wahana Self Balancing Wheels adalah alat peraga transportasi persinal beroda satu atau lebih dengan menggunakan teknologi elektronik pintar untuk mengatur keseimbangan orang yang menungganginya. 


“Saat ini sebenarnya wahana tersebut sudah aktif dan dibuka untuk pengunjung PP Iptek. Namun, untuk hari ini wahana Self Balancing Wheels tidak dibuka karena alat peraganya sedang dibawa keluar,” ujar Dani, pemandu PP-IPTEK.


Bertepatan dengan diselenggarakannya Indonesia Science Day, sebenarnya ISD sendiri adalah ajang untuk penemuan riset dan inovasi yang telah dilakukan oleh berbagain perguruan tinggi, lembaga litbang, dan indusri di Indonesia kepada masyarakat. 


Lanjut Dani mengatakan “ISD kemarin itu ada beberapa program sains, diantarnya yang saya ingat ada kompetensi sains, pelatihan sains, talkshow, ada pertunjukan sains interaktif seperti Puppet Show, Robo Soccer Show, Water Rocket Show dan masih banyak lagi.”


Rendi, salah seorang pengunjung mengaku tertarik berkunjung ke PP-IPTEK. “Tertarik banget si. Soalnya  saya SMA jurusan IPA dan emang dari dulu suka sama sains. Pengen banget nyoba semua wahananya. Tapi sayang yang Self Balancing Wheels lagi ditutup ya jadi coba yang lain aja,” tuturnya. 


Agnes selaku pemandu berharap dengan adanya wahana baru, pengunjung PP-IPTEK semakin bertambah. 

“Harapannya ya semoga PP-IPTEK makin banyak pengunjungnya, karena emang menarik banget ya. Buat yang ga begitu suka sains juga pasti ga akan bosan berkunjung kesini. Tiket juga gak mahal ya. Jadi cukup worth it,” ujar Agnes.


Kehadiran dua wahana baru ini menambah jumlah koleksi alat peraga ilmu pengetahuan PP-IPTEK yang sudah mencapai 400 lebih dan bisa dimainkan ana-anak dengan tujuan agar mereka tertarik mendalami sains serta menambah  ilmu pengetahuan setiap pengunjung. 

*cnw*







No comments:

Post a Comment