3/18/2020

World Post Graduate Expo Hadirkan Universitas Terbaik



Jakarta, 13 Mei 2018 - MSW Global bekerjasama dengan Kemenristekdikti menyelenggarakan World Post Graduate Expo pada tanggal 12-13 Mei 2018. Bertempat di JCC (Jakarta Convention Center),  penyelenggara mengundang perwakilan Universitas terbaik dari 14 Negara. 


Pameran ini dibuka oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi Rpublik Indonesia (Ristekdikti) Prof. H. Mohammad Nasir beserta jajarannya pada Tanggal 12 Mei 2018. 


MSW Global sendiri adalah sebuah perusahaan pemasaran dan Public Relations, yang bisa menjadi saluran ke berbagai industri di Indonesia, khususnya pendidikan. Anastasia Sri selaku Direktur Operasional MSW Global mengatakan bahwa World Graduate Expo ini sudah diselenggarakan dua kali. 


“Ini merupakan pameran kami yang kedua kalinya. Pasca Sarjana. Kalo untuk pameran World Education Expo sendiri, itu kita setahun ada empat kali. Tapi kita bagi-bagi yah¸ ada yang keseluruhan dari S1, S2, S3. Ada yang khusus S2, S3, ada yang untuk anak-anak. Seperti itu,” ungkapnya.


Terdapat 80 Institusi yang dapat menjadi wadah bagi para lulusana Sarjana yang ingin melanjutkan pendidikan S2. Dari lokal diantaranya terdapat Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Terbuka, Universitas Trisakti, London School of Public Relations, Institusi seperti Spada Indonesia (Sistem Pembelajaran Daring Indonesia) dan masih banyak lagi. 


Sedangkan untuk Institusi Internasional, terdapat European Union (Eropa), Campus France (Prancis), Study in Sweden (Swedia), Embassy Ireland, Nottingham University (United Kingdom) serta masih banyak lagi instutisi internasional lainnya. 


Nurul, salah seorang pengunjung mengaku mendatangi pameran karena berniat meneruskan S2 di luar Negeri. “Emang ada niatan (lanjut S2). Mudah-mudahan pengennya sih di UK. Kebetulan ada beberapa institusi dari UK. Sekalian pengen tanya-tanya siapa tau ada kesempatan,” tutur Nurul lulusan S1 Universitas Trisakti.



Untuk Negara yang paling diminati oleh calon mahasiswa S2, penyelenggara sendiri tidak bisa menyimpulkan karena setiap calon S2 pasti mempunyai kriteria kampusnya sendiri-sendiri.


“Saya gabisa bilang satu Negara ya karena semuanya rata-rata menyebar, gitu kan. Orang Indonesia kan biasanya ke Australi, UK, US. Sekarang yang di pameran ini kalo kita lihat ada aja. Swedia, Irlandia. Jadi susah untuk nentuin mana yang paling diminati,” ujar Sri.


Selain pameran institusi untuk Pascasarjana, terdapat pula beberapa seminar yang diselenggarakan khusus untuk para calon Mahasiswa S2. Salah satunya adalah Seminar berjudul “Peluang Besar Dalam Industri Penerbangan Global. Terbang Perdana N219 adalah Awal Bangkitnya Kembali Industri Penerbangan” dengan speaker Mr Agus Ariwibowo - Head of National Transport Aircraft Development Program. 


Terdapat pula Tes Simulasi IELTS (International English Language Testing System). IELTS adalah uji coba kemampuan berbahasa Inggris yang diselenggarakan bersama oleh Universitas Cambridge, British Council dan IDP Education Australia. Uji coba ini gratis dan dibuka untuk umum. 



Menurut Sri, tujuan diadakannya pameran pendidikan Pasca Sarjana ini adalah untuk memberikan informasi pada mahasiswa, pelajar dan peminat S2, S3 yang ada di Indonesia untuk melanjutkan pendidikannya yang lebih tinggi. Tidak perlu ke luar Negeri, tergantung pilihan masing-masing calon mahasiswa S2, S3, karena pendidikan Indonesia belum tentu tidak sebagus di luar.

*cnw*

No comments:

Post a Comment